Manusia dan Kebudayaan

Kebudayaan yaitu diambil dari kata budaya. Budaya yang berarti budi dan akal pikiran manusia yang abstrak serta mengarah kepada suatu cara hidup yang dimiliki bersama dalam suatu daerah maupun kelompok tertentu. Contohnya antara lain:

adat Padang

adat Batak

Masih banyak lagi adat – adat lainnya. Mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu kebudayaan lebih detail. Kita akan membahas antara lain definisi kebudayaan, unsur – unsur kebudayaan dan yang lainnya.

A. Definisi Kebudayaan

Para ahli mengemukakan definisi kebudayaan dengan kata berbeda tetapi juga memiliki maksud yang sama. Maka tidak ada salahnya definisi – definisi tersebut dapat kita satukan sehingga mendapatkan maksud yang bisa saling melengkapi. Pertama – tama marilah kita ketahui lebih lanjut definisi kebudayaan menurut para ahli.  Berikut ini definisi-definisi kebudayaan yang dikemukakan:

1. Edward B. Taylor

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

2. Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.

3. Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

B. Unsur – unsur Kebudayaan.

Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

1. Melville J. Herskovits

Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:

ü  alat-alat teknologi

ü  sistem ekonomi

ü  keluarga

ü  kekuasaan politik

2. Bronislaw Malinowski

Bronislaw malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:

ü  sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya

ü  organisasi ekonomi

ü  alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)

ü  organisasi kekuatan (politik)

C. Wujud Kebudayaan.

Wujud kebudayaan menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

  • Gagasan (Wujud Ideal)

Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

  • Aktivitas (Tindakan)

Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

  • Artefak (karya)

Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

Dari berbagai penjelasan diatas yang sudah kita pelajari maka menurut saya manusia dan kebudayaan itu mempunyai hubungan yang sangat erat. Karena didalam suatu lingkungan, manusia pasti memiliki cara hidup, pola berpikir, pola hidup, termasuk cara bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social, religi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Demikianlah yang bisa saya simpulkan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Semua ini demi berlangsungnya tugas Ilmu Budaya Dasar saya supaya lancar dan dapat nilai memuaskan, Amiin. Silahkan beri komentar Anda, jika postingan ini membantu Anda serta menambah pengetahuan Anda begitupun dengan saya setelah mengerjakan tugas ini saya dapat pengetahuan yg lebih luas mengenai kebudayaan. Sampai bertemu lg di tugas selanjutnya😀

Sumber: http://exalute.wordpress.com/2009/03/29/definisi-kebudayaan-menurut-para-ahli/

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s