Manusia dan keindahan

  1. Teori

Ada banyak batasan yang diberikan pada kita, yang sanipai sekarang belum ada katasepakat tentang definisi keindahan yang obyektif.

Mengenai batasan keindahan padaumumnya dapat digolongkan pada 2 kelompok, yaitu:(a). Definisi-definisi yang bertumpu pada obyek (keindahan yang obyektif )(b). Definisi-definisi yang bertumpu pada subyck (keindahan yang subycktif).Atas dasar kcdua pokok penilaian itu, keindahan dapat ditinjau dan makna yangobycktif dan juga dan segi yang subyektif.Yang disebut keindahan obyektif ialah keindahan yang memang ada pada obyeknya,yang diharuskan menerima sebagaimana mestinya. Sedangkan yang disebut keindahansubyektif, adalah keindahan yang biasanya ditinjau dan segi subyck yang diharuskanmcnghayatinya. Dalam ha! mi keindahan adalah segala sesuatu yang dapat mcnimbulkan rasasenang pada din si penghayat tanpa diiringi keinginan-keinginan terhadap segala sesuatuyang praktis untuk kebutuhan-kebutuhan pribadi.Menurut Hebert Read : Jadi keindahan itu adalah sesuatu kesatuan hubungan-hubungan yang formal daripada pcngamatan yang dapat menimbulkan rasa senang

Atau keindahan itu merangsang timbulnya rasa senang tanpa pamrih pada subyck yang melihatnya, dan bertumpu kepada ciri-ciri yang terdapat pada obyek yang sesuai dengan rasa senang itu.Batasan keindahan yang dikemukakan oleh Hebert Read tersebut di atas, dikatakanyang paling mendekati kebenaran. Tetapi apabila kita telah lebih dalam, batasan Hebert Readitu terlalu ditentukan oleh subyck dan dianggap sebagai perpaduan unsur-unsur pengamatan.Jadi batasan Hebert Read itu sifatnya terlalu sensual (jasmaniah), kurang ditinjau dan segiobyek yang diamati yang memiliki keindahan itu. Keindahan itu tidak hanya merupakan pcrpaduan dan peng amatan panca indera semata-mata, tetapi lebih daripada visual melulu,lebih dalam lagi, juga merupakan pcrpaduan pengamatan batiniah.

B. ARTIKEL

Pengertian keindahan tidak hanya terbatas pada kenikmatan penglihatan saja, tetapi juga termasuk kenikmatan spiritual.Berdasarkan pandangan tersebut di atas, maka kita dapatkan batasan keindahan yang bermacam-macam, sebanyak para ahli yang memberi batasan itu. Di bawah ini dikemukakan beberapa diantaranya adalah:

  1. Menurut Leo Tolstoy (Rusia) >

Dalam bahasa Rusia tcrdapat istilah yang serupa dengankeindahan yaitu “krasota”, artinya that wich pleases the sigh atau suatu yangmendatangkan rasa yang menyenangkan bagi yang melihat dengan mata. Bangsa Rusiatidak punya pengertian keindahan untuk musik. Bagi bangsa Rusia yang indah hanyayang dapat dilihat mata (Leo Tolstoy). Jadi menurut Leo Tolstoy, keindahan itu adalahsesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat.

2.Menurut Alexander Baurngarten (Jerman).>

Keindahan itu dipandang scbagaikcseluruhan yang mcrupakan susunan yang teratur daripada bagian-bagian, yang bagian- bagian itu crat hubungannya satu dengan yang lain, juga dengan keselunuhan. (Beauty ison of parts in their manual relations and in their relations to the whole).

3. Menurut Sulzer.>

Yang indah iu hanyalah yang baik. Jika bcluni haik, ciptaan itu bclumindah. Keindahan hartis dapat memupuk pcrasaan moral. Jadi ciptaan amoral adalah tidak indah, karena tidak dapat digunakan untuk memupuk moral.

4.Menurut Winchelman.>

Keindahan itu dapat terlepas sama sekali daripada kebaikan.

5.Menurut Shaftesbury (Jerman).>

Yang indah itu adalah yang memiliki proporsi yangharmonis. Karena yang proporsinya harmonis itu nyata, maka keindahan itu dapat

disamakan de-ngan kebaikan. Yang indah adalah yang nyata dan yang nyata adalah yang baik.

6.Menurut Humo (Inggris).>

Keindahan adalah sesuatu yang dapat mendatangkan rasasenang.

7.Menurut Hemsterhuis (Belanda)

>Yang indah adalah yang paling banyak mendatangkanrasa senang dan itu adalah yang dalam waktu sesingkat-singkatnya paling banyak mcmberikan pengamatan-pengamatan yang mcnycnangkan itu.

8.Menurut Emmanuel Kant.>

Meninjau keindahan dan 2 segi. Pertama dan segi arti yangsub ycktif dan kedua dan segi arti yang obyektif.(a). Yang subyektif.Keindahan adalah sesuatu yang tanpa dircnungkan dan tanpa sangkut paut dengankegunaan praktis, tetapi mendatangkan rasa senang pada si penghayat.(b). Yang obyektif.Keserasian dan suatu obyek terhadap tujuan yang dikandungnya, scjauh obyek initidak ditinjau dan segi gunanya.

9.Menurut at – Ghazzali.>

Keindahan sesuatu benda terletak di dalam perwujudan dankcscmpurnaan, yang dapat dikenali kembali dan sesuai dengan sifat bcnda itu. Bagi setiap benda tcntu ada pcrfcksi yang karakteristik, yang berlawanan dengan itu dapat dalamkeadaan-keadaan tertenlu mcnggan tikan perfeksi karakteristik dari benda lain. Apabilasemua sifat-sifat yang mungkin terdapat di dalam sebuah benda itu merupakanrepresentasi keindahan yang bernilai paling tinggi; apabila hanya sebagian yang ada,maka benda itu mempunyai nilai keindahan sebanding dengan nilai-nilai keindahan yangterdapat di dalamnya Di samping lima rasa (alat) untuk mengemukakan keindahan di alas, al Ghazzali juga menambahkan rasa keenam, yang disebutnya dengan ‘ (ruh, yang disebut jugasebagai “spirit”, “jantung “pemikiran”, “cahaya”), yang dapat merasakan keindahandalam dunia yang lebih dalam (inner world) yaitu nilai-nilai spiritual, moral dan agama.Dari batasan tersebut di atas, keindahan sebagai pengertian mem punyai arti yangrelatif berdasarkan subyeknya. Oleh karena keindahan itu relatif, maka sebaiknyameninjau seni (anpa sangkutnya dengan keindahan

  1. PENDAPAT

Keindahan berbeda darimana kita mempunyai arti yang berbeda, tergantung pada diri sendiri. Keindahan dapat dirasakan dari dalam hati dan dapat kita khayati, ada juga keindahan yang bisa kita lihat secara jelas dengan penglihatan mata. Keindahan selalu berpautan sengan makna positif, karena dengan keindahan kita dapat merasakan kagum dan bahagia hati kita. Maka dari itu kita harus menjaga keindahan sekitar dimulai dari diri sendiri. Agar keindahan subjektif dan objektif tercipta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s