KONSEP KORVERGENSI, JEJARING SOSIAL, PODCASTING, dan KONSEP RSS & IPTV.

A. KONVERGENSI
• Definisi Konvergensi:
Konvergensi merupakan integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama.
Konvergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran. Penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja, termasuk TV, siaran, radio dan multimedia.
Konvergensi yang sempurna terjadi pada jaringan masa depan. Dalam era konvergensi semua instrumen jaringan berbasis IP atau packet-based network. Aplikasi dan layanan akan terpisah dari jaringan transport / core.Di sisi lain, jaringan akan bersifat terbuka, jaringan pita lebar terintegrasi, serta jaringan ubiquitous. Sedangkan network intelligence terdistribusi.
sedangkan Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujua. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
• BROADBAND
Definisi umum broadband adalah proses pengiriman dan penerimaan data melalui sistem jaringan telekomunikasi dengan kecepatan tinggi. Umumnya kecepatan mulai dari 256 kbps sampai dengan 100 Mbps yang terhubung dengan perangkat pengguna/pelanggan disebut broadband.
Definisi broadband tidak ada yang spesifik, namun yang sama adalah dalam penggunaan kata “kecepatan tinggi” (high speed). Menurut ITU-T, kecepatan tinggi broadband melampai kecepatan ISDN-PRA (> 2 Mbps), sementara di negara India kecepatan tinggi broadband adalah 128 Kbps.
Sesuai dengan perkembangan teknologi multimedia maka kebutuhan bandwidth untuk satu pelanggan saat ini diperkirakan sekitar 14 Mbps dengan alokasi internet 2 Mbps, data 4 Mbps, HDTV 8 Mbps. Saat ini, di Indonesia, broadband provider hanya menyediakan infrastruktur (broadband access) dengan kecepatan 64/384 Kbps s/d 128/512 Kbps. Kecepatan pengiriman data dari pelanggan ke server (upload) selalui lebih kecil dari penerimaan data dari server (download). Contoh 64/384 Kbps artinya upload speed 64 Kbps dan download speed 384 Kbps.
Kenapa kecepatan upload < download, alasan utama bahwa pengguna layanan internet pada umumnya melakukan hubungan ke dunia maya (internet browsing) untuk mendapatkan informasi yang disimpan diberbagai server. Bila informasi sesuai maka pengguna meminta server mengrimkan informasi yang dikonversi kedalam bentuk data ke terminal pengguna (komputer/laptop/smartphone/STB TV). Kapasitas data tergantung pada informasi, sebagai contoh 1 lagu&musik dalam format MP3 setara dengan 4-5 Mbytes, photo digital ukuran postcard dalam format JPEG sekitar 600-700 Kbytes.
• VPN (Virtual Private Network)
Virtual Private Network(VPN) adalah solusi koneksi private melalui jaringan publik. Dengan VPN maka kita dapat membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunnel.
Solusi VPN ada beberapa macam. Antara lain:
1. IPSEC, solusi VPN via IP Secure Protocol. Solusi yang sudah distandarisasi tapi paling susah dikonfigurasi. Tingkat keamanan yang cukup baik namun dalam implementasinya cukup rumit. Aplikasi yang digunakan yang berbasis open source yaitu Open/Free Swan.
2. PPPT, solusi VPN versi awal. Merupakan solusi VPN dengan feature standar dimana jaringan dibangun dengan point to point seperti halnya anda melakukan dial up pada internet dirumah. Pada saat dial up ke provider internet ada maka akan dibangun point to point tunnel melalui jaringan telepon. Aplikasi OpenSource yang menggunakan PPPT adalah PopTop.
3. VPN with SSL, merupakan solusi VPN dengan menerapkan protocol Secure Socket Layer(SSL) pada enkripsi jaringan tunnel yang dibuat. Solusi ini diawali dengan aplikasi OpenVPN.
Fungsi VPN beberapa diantaranya yaitu:
1. 1.Menghubungkan kantor-kantor cabang melalui jaringan public. Dengan VPN maka perusahaan tidak perlu membangun jaringan sendiri. Cukup terhubung dengan jaringan public contohnya internet. Saat ini hampir semua kantor perusahaan pasti memiliki akses internet. Dengan demikin bisa dihemat anggaran koneksi untuk ke cabang-cabang.
2. Mobile working, dengan VPN maka karyawan dapat terhubung langsung dengan jaringan kantor secara private. Maka karyawan dapat melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan dari depan komputer tanpa harus berada di kantor. Hal ini menjadi solusi virtual office di jaman mobilitas tinggi seperti sekarang ini.
3. Securing your network. Saat ini beberapa vendor seperti telkom memberikan solusi VPN juga untuk perusahaan-perusahaan. Namun solusi ini masih kurang aman. Karena untuk terhubung tidak memerlukan authentikasi. Sehingga bila ada pengguna mengetahui settingan VPN perusahaan tersebut maka dia dapat terhubung ke jaringan perusahaan tapi harus login. Contohnya pada telkomsel VPN hanya dengan mengganti nama APN pada settingan network maka dia dapat langsung terhubung dengan jaringan dengan nama APN tersebut. Dengan memasang VPN lagi di jaringan VPN semi publik tersebut maka jaringan akan lebih aman karena sebelum masuk ke jaringan kantor maka user harus membuat tunnel dulu dan login ke VPN server baru bisa terhubung dengan jaringan kantor.
4. Mengamankan jaringan wireless. Jaringan wireless merupakan jaringan publik yang bisa diakses oleh siapa saja yang berada dijangkauan wireless tersebut. Walaupun wireless juga memiliki pengaman seperti WEP, WPA, WPA2 namun jaringan wireless masih saja bisa ditembus. Dengan menggunakan VPN maka user yang terhubung ke wireless harus membuat tunnel dulu dengan login ke VPN server baru bisa menggunakan resource jaringan seperti akses internet dan sebagainya.
Dari beberapa solusi yang ada saat ini yang paling banyak digunakan adalah solusi VPN dengan SSL yaitu dengan OpenVPN sebagai aplikasinya. Selain gratis karena open source juga memiliki kemudahan implementasi. Saya lebih memilih menggunakan OpenVPN karena kemudahan implementasinya serta bersifat multiplatform dapat dijalankan pada Linux ataupun Windows.
B. JEJARING SOSIAL.
• Definisi Jejaring Sosial (Social Network)
Professor J.A. Barnes (1954) memperkenalkan istilah Jejaring sosial sebagai sebuah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. (wikipedia).
Sejarah Jejaring Sosial (Social Network)
Sebagai pengguna jejaring sosial, alangkah baiknya jika kita mengetahui sejarah bagaimana situs-situs itu akhirnya bisa lahir dan berkembang dengan pesatnya seperti sekarang ini.
Diawali oleh classmates.com pada tahun 1995 (terfokus pada hubungan mantan teman sekolah) kemudian diikuti sixdegrees.com tahun 1997 (membuat ikatan tidak langsung).
Tahun 1999 lahir jejaring sosial yang berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh epinions.com dan jejaring sosial yang berbasis pertemanan yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional antara tahun 1999 dan 2001.
Tahun 2005 dilaporkan bahwa jejaring sosial myspace.com lebih banyak diakses dibandingkan google dan facebook.com. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°.
Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Situs-situs jejaring sosial telah menemukan kejayaannya sejak tahun 2000an dimulai dengan mengguritanya jejaring sosial friendster sejak tahun 2004 dan mencapai puncaknya di tahun 2007. Tahun 2008 hingga 2009 ini kejayaan itu diambil alih oleh jejaring sosial facebook yang memiliki member aktif hingga 350 Juta di seluruh dunia dan melejit di nomor 1 situs jejaring sosial terpopuler dengan pertumbuhan yang sangat drastis.
Beberapa contoh situs jejaring sosial :
1. http://www.facebook.com
2. http://www.twitter.com
3. http://www.friendster.com
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing di dalamnya.
Dalam penggunaannya, jejaring sosial tidak hanya untuk saling berinteraksi dengan teman, mencari teman, ataupun dengan saudara-saudara yang jauh lokasinya. Adakalanya jejaring sosial itu pun dimanfaatkan untuk mencari penghasilan dengan membuat sebuah grup untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan baik dalam hal agama, politik, hobi dan lain sebagainya.
Jejaring sosial tidak selalu digunakan dengan baik oleh penggunanya. Ada saatnya penyalahgunaan itu terjadi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

• Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial
Social network atau yang lazim dikenal sebagai jejaring sosial kini telah berkembang dan menajdi trend atau gaya hidup manusia modern. Tua dan muda masing-masing mempunyai cara tersendiri memanfaatkan fasilitas ini. Sebuah kemajuan dunia teknologi menembus batas ruang dan waktu. Bahkan, situs jejaring sosial kini telah menjadi tolak ukur strata sosial seseorang yang menjadikan hal ini wajib dimiliki oleh setiap orang. Pria, wanita, professor, doctor, mahasiswa, siswa, bahkan anak sekolah dasar sekalipun.
Perkembangan dan terobosan dalam dunia komunikasi yang terus berkembang ini telah menciptakan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan sosial dan peradaban manusia. Keberadaan situs-situs jejaring sosial menimbulkan pengaruh yang berbeda-beda terhadap penggunanya. Ada efek positif, ada pula efek negatifnya. Tinggal bagaimana pengguna jejaring sosial memanfaatkan dan mengelola kebutuhannya terhadap jejaring sosial ini.
Beberapa efek positif yang dihasilkan oleh situs jejaring sosial adalah:
1. Sebagai media penyebaran informasi
Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita.
2. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.
3. Memperluas jaringan pertemanan
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll.
Efek Negatif dari Jejaring Sosial :
1. Kejahatan dunia maya (cyber crime)
Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
2. Melemahkan dan menurunkan sensitifitas
Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.

C. PODCASTING
Sederhananya, Podcasting adalah cara menerima siaran pribadi radio, TV atau internet ketika Anda ingin mereka. Berita nasional atau lokal, misalnya, bisa streaming ke PC Anda untuk Anda untuk menonton atau mendenkan ketika cocok untuk anda. Anda dapat men-download musik favorit Anda program atau acara televisi saat berjalan keluar hidup dan mengejar ketinggalan dengan itu nanti, memastikan Anda tidak kehilangan apa-apa saat Anda sedang keluar atau sibuk.
Bagaimana cara kerja podcasting?
Mirip dengan RSS feed, Podcasting adalah sindikasi ke PC Anda melalui file audio atau video. RSS (Really Simple Syndication) sudah ada untuk file berbasis teks di mana Anda dapat menerima informasi terkini secara otomatis sepanjang hari. Satu-satunya perbedaan dengan Podcasting adalah cara audio atau video file yang dilihat. Anda harus berlangganan ke konten yang Anda ingin menerima, dan menggunakan pembaca feed Podcasting ramah untuk menonton atau mendengarkan musik, file audio atau acara TV.
Apa yang saya perlu untuk melihat atau mendengarkan feed Podcasting?
Untuk menonton download Podcasting, atau mendengarkan musik atau konten audio, anda hanya membutuhkan sebuah pemutar media digital pada Anda PC – Windows Media Player, iTunes atau mirip. Anda juga dapat melihat podcast pada browser web Anda, atau mendengarkan konten Podcasting pada pemutar MP3 atauiPod.
Apa lagi yang bisa digunakan untuk Podcasting?
Ada banyak cara untuk menggunakan konten Podcasting, selain untuk sekadar mendengarkan musik atau menonton acara TV. Pengguna bisnis, sekolah dan perguruan tinggi, dan bahkan perusahaan perjalanan dapat membuat Podcasting menjadi alat yang berguna untuk berbagai kebutuhan seperti:
Pelatihan Belajar manual panduan tutorial Travel Video demonstrasi berbasis Hidup wawancara.Ada banyak alasan yang baik untuk menggunakan Podcasting dalam bisnis serta untuk kesenangan pribadi, dan keuntungan terbaik adalah bahwa informasi akan sebagai up to date beberapa menit yang lalu. Setelah Anda punya dasar-dasar mengatur, mudah untuk menerima feed tinggal dan menonton atau mendengarkan mereka ketika Anda suka. Anda bahkan dapat membuat konten Podcasting Anda sendiri dan membuat musik, audio atau file video Anda tersedia untuk berbagi dengan orang lain!

D. Konsep RSS dan IPTV.
• RSS.
RSS, atau Really Simple Syndication seperti yang umumnya dikenal, mengacu pada keluarga format file yang digunakan untuk sindikasi web. Hal ini biasanya digunakan untuk secara otomatis memberikan konten yang baru diposting dari situs-situs – termasuk forum, blog dan situs berita, antara lain – untuk pembacanya. Namun, RSS adalah juga berguna untuk hal-hal lain selain dari memberikan berkat konten tertulis untuk “kandang” atau lampiran media. Dimana dalam penggunaannya yang paling dasar, orang-orang yang berlangganan RSS feed mendapatkan update dari situs favorit mereka, lampiran media untuk RSS feed adalah seperti lampiran dalam email yang dikirim antara orang-orang. File “tertutup” dalam item RSS dan kemudian secara otomatis dikirimkan ke pelanggan RSS.
Attachment ini bisa menjadi gambar, file audio, video, dan bahkan sebuah aplikasi atau program. Contoh dari RSS feed dengan lampiran yangPodcast (konten diucapkan), Vlogs (video), MP3 Blogs (file musik), dan appcasts (program).Podcasting adalah mungkin salah satu yang paling terkenal dari penggunaan yang disebutkan dari RSS untuk pengiriman konten. Ini adalah metode mendistribusikan konten audio dengan melampirkan file audio konten berbicara dengan RSS feed. Popularitas podcast yang dibantu sebagian oleh perangkat yang sangat di mana istilah ini didasarkan – iPod. Podcast adalah kombinasi dari iPod dan Broadcast. Pada tahap awal, podcast memungkinkan pengguna pemutar audio genggam seperti iPod untuk secara otomatis men-download konten berbicara dari penerbit internet radio talk show independen untuk komputer mereka, dan kemudian mendengarkan mereka pada mereka iPod di lain waktu. Kemampuan untuk “menunda” mendengarkan radio talk favorit Anda terbukti menjadi fitur yang sangat menarik dan segera menjadi sukses besar. Ini cara baru-ditemukan dari pengiriman konten dengan cepat berkembang membuka jalan untuk tambahan multi-media format file untuk digunakan sebagai lampiran media. Lampiran gambar untuk RSS feed membuka jendela kemungkinan untuk berbagi foto melalui internet. Situs berbagi foto, seperti Flickr, fitur RSS feed untuk foto orang. Flickr RSS feed memungkinkan orang untuk berlangganan ke album foto orang lain ‘sehingga tembakan fotografer favorit mereka terbaru atau gambar terbaru teman berlibur secara otomatis akan dikirimkan kepada Anda sebagai mereka yang diposting. Avid penggemar komik web online juga manfaat dari lampiran gambar untuk RSS. Seorang pembaca dapat berlangganan RSS feed sebuah komik web dan update harian secara otomatis dikirimkan ke sindikasi RSS pembaca pilihan.
Video lampiran RSS, di sisi lain, menimbulkan suatu evolusi dari jenis blog yang disebut video blog, yang kadang-kadang disebut sebagai vlogs. Blog video menggunakan video sebagai konten utama dan biasanya disertai dengan gambar, teks yang mendukung, atau data tambahan untuk menyediakan konteks untuk konten. Vblogs secara perlahan meningkat popularitasnya di berkat lagi untuk pengenalan kali ini, video-mampu iPod.
Appcasting adalah jenis RSS feed di mana ada program dieksekusi untuk secara teratur memberikan melekat versi baru dari program perangkat lunak. Appcasting, meskipun tidak sebagai arus utama sebagai Podcasting dan blog video, adalah penting dan sangat signifikan, terutama bagi mereka di industri TI.
• IPTV
Istilah IP TV adalah singkatan dari Internet Protocol Television atau televisi protokol internet. IP TV dapat melayani siaran televisi dua arah, melalui jaringan internet kecepatan tinggi, tanpa menggunakan frekuwesi siaran. TV Internet sebelumnya, dapat dikatakan sebagai suatu proses integrasi antara internet dengan komputer, untuk menangkap siaran televisi melalui layar komputer. Sedangkan, IP TV adalah suatu tipe konvergensi transmissi digital yaitu perpaduan antara telekomunikasi dengan televisi. Pemirsa IP TV dapat mengontrol saluran televisi lewat pesawat televisi, bukan layar komputer, seperti halnya zaman televisi analog, atas bantuan set-top-box. Pemirsa IP TV dapat memilih sejumlah besar siaran, baik siaran langsung maupun siaran ulang dengan konten yang beranekaragam, dan dua arah, tanpa gangguan apapun. Sebagai contoh, seseorang dapat mengakses IP TV untuk mengetahui identitas pemain sepak bola tertentu, ketika dia menonton pertandingan sepak bola atau dalam waktu bersamaan, dia dapat berbelanja lewat IP TV. Ditambah lagi, pemirsa IP TV dapat menikmati imaji definisi tinggi dan suara bermutu baik, atas bantuan sistem digitalisasi.
Karena IPTV membutuhkan transmisi data real-time dan menggunakan Internet Protocol,sehingga sensitif terhadap :
1. Paket yang hilang dan terlambat jika koneksi IPTV tidak begitu cepat
2. Kualitas gambar patah-patah atau hilang sama sekali jika aliran data tidak lancar
Permasalahan saat ini telah terbukti khususnya pada beberapa permasalahan ketika percobaan streaming IPTV melalui jaringan wireless. Peningkatan pada teknologi wirelesssaat ini baru pada tahap menyediakan peralatan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
Beberapa feature yang dimiliki oleh IP/TV ini adalah :
1. IP/TV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
2. IP/TV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
3. IP/TV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
4. IP/TV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
5. Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).

Referensi :
http://anes73.blogspot.com/ (diakses tanggal 13/11/2012)
http://hitam.awardspace.us/?p=14 (diakses tanggal 13/11/2012)
http://tugas.netne.net/index.php/electronic-elektronik/17-pengertian-iptv (diakses tanggal 13/11/2012)
http://gilar1001.blogspot.com/2008/04/virtual-private-network.html (diakses tanggal 13/11/2012)
http://ilmubroadband.wordpress.com/2008/04/22/definisi-broadband/ (diakses tanggal 13/11/2012)
http://media.kompasiana.com/new-media/2011/08/07/dampak-positif-dan-negatif-jejaring-sosial/ (diakses tanggal 13/11/2012)
http://id.hicow.com/itunes/podcast/rss-576954.html (diakses tanggal 13/11/2012)
http://id.hicow.com/rss/flickr/mp3-blog-397179.html (diakses tanggal 13/11/2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s