Twitter

1. Sejarah

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi “Larry the “Bird” pada tanggal 5 Juni 2012.

larrybird

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (“follower“). Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat.

Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama., Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”. Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama “Larry the “Bird”, dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
2. Konsep

Ide dari pembuatan twitter ini cukup sederhana. mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.

txt
Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.

Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah.

Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.

Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.

Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft  membayar puluhan  juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft)

3.    Teknologi                                                                                                                                                                                                                                Twitter Twitter adalah layanan micro blog yang hanya memuat 140 karakter. Awalnya Twitter diremehkan karena hanya mampu memuat pesan pendek. Namun ternyata kekuatan Twitter justru terletak pada formatnya yang sangat ringkas. Twitter juga terkenal dengan layanan retweetnya yang mampu membuat pesan berantai sehingga bisa menjangkau khalayak luas. Twitter terbukti efektis sebagai media informasi komersial maupun non komersial.

4. Keamanan

Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan.

ftcPenyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga “program keamanan informasi yang komprehensif” untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

  • Cara Menjaga Keamanan Akun Twitter
  1. Modus pertama yaitu si pembajak adalah mengirimi email yang mirip sekali dari Twitter dan menawarkan Verified Account asalkan dia bersedia menjawab beberapa pertanyaan.
  2. Modus yang kedua yang dapat dilakukan para hacker yaitu phising, yaitu mengirimi email yang mirip Twitter sehingga kita percaya untuk memberi password kita. Siapapun bisa dengan mudah mengirimi email dari twitter.com. Tinggal meniru layout email-nya Twitter saja, mengirim dari twitter.com, lalu menipu calon korban. Untuk memastikan sebuah email itu benar dari Twitter, kita coba reply email mereka dan pastikan alamat email itu masih tetap dari twitter.com. Kalo tidak, maka perlu dicurigai.phishing1
  3. Modus lain yang dipakai hacker adalah mengkorek kehidupan kita melalui pembicaraan santai yang sebetulnya mengkorek jawaban pada sequrity question akun Twitter kita. Jadi buatlah sequrity question kita yang sulit dengan jawaban yang tidak masuk akal sekalian agar tidak mudah dikorek-korek. Begitu juga dengan password, sebaiknya yang panjang dan mengandung angka.
  4. Tips selanjutnya agar tidak membuka link yang sering kita dapat melalu direct message (DM) Twitter. Jika sangat penasaran dengan link itu, maka bukalah dari browser lain,selain browser yang sedang kita pakai untuk mengakses akun Twitter kita. Jadi kalo kita sedang membuka Twitter kita di browser Chrome, maka copy paste saja link-nya dan buka link-nya di browser Firefox.

5.   Kelebihan dan Kekurangan.                                                                                                                                                               Kelebihan menggunakan

  • Kelebihan
  1. Twitter sangat membantu, menghemat waktu dan uang karena tak perlu menulis surat atau   membuat pengumuman untuk menyampaikan sesuatu
  2. Mengusahakan untuk selalu membalas tweet yang ditujukan pada Anda adalah langkah yang baik di dunia per-Twitteran. Menggunakan layanan DM dibanding dengan melakukan reply malah akan lebih baik lagi karena terasa lebih personal.
  3.  Dapat mengubah gambar background twitter kita, sehingga bisa lebih menarik dan tidak monoton.
  4. Menjangkau lebih luas tidak hanya antar teman saja
  • Kekurangan
  1. Karakter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter,, jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
  2. Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
  3. Dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
  4. Foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.
  5. Tidak tersedia fitur chatting seperti di facebook sehingga tidak tahu siapa saja waktu itu yang sedang online.

6. Pemanfaatan dan Pengembangan di masa depan

  • Twitter untuk bisnis.

Pemanfaatan twitter untuk nisnis memang bukan hal yang baru. Setiap social media sudah banyak disulap menjadi sebuah toko online gratis yang cukup efektif dijadikan sebagai media marketing bisnis online. Bukan hanya perusahaan kecil yang menjadikan twitter sebagai sarana bisnis, melainkan perusahaan besar dunia menjadikan twitter sebagai cara berbisnis di dunia maya karena perkembangannya teknologi.

  • Twitter untuk media informasi.

Para jurnalisme saat ini juga tidak mau kalah memanfaatkan twitter sebagai sarana media online gratis yang cukup efektif. Kehadiran jejaring social secara nyata telah mampu menyaingi kehadiran media cetak. Kini mayoritas orang lebih banyak yang melihat berita melalui twitter dibandingkan harus membeli Korean setiap harinya.

  • Twitter untuk berdakwah.

Twitter juga dimanfaatkan oleh para aktivis dakwah sebagai sarana menyampaikan nilai – nilai kebenaran di tengah masyarakat.

  • Twitter sebagai alat kampanye politik.

Pemanfaatan akun twitter yang lain adalah untuk sarana kampanye pada penyelenggaraan pemilukada untuk meningkatkan jumlah suara suatu calon.

Pengembangan
Walaupun twitter di masa kini sudah mempunyai pengguna yang begitu banyak, namun twitter masih harus melakukan banyak pengembangan.

  • Games.

Twitter tidak mendukung adanya aplikasi games yang bisa dinikmati para pengguna setia twitter. Mungkin jika adanya berbagai macam games pada twitter akan mengalihkan pengguna gamers facebook beralih ke social media twitter.

  • Chatting.

Twitter memang sudah seperti “sms lewat internet” karena karakter yang di sediakan hanya mencapai 140 karakter. Namun untuk kea rah yang lebih privacy dan chat lebih cepat mungkin dibutuhkan adanya fasilitas chatting untuk mendukung para penggunanya.

  • Video Call.

Video call sudah tidak asing lagi di jaman sekarang ini, Twitter bisa jadi social media kesian kalinya yang menyediakan fasilitas video call.

  • Smiley/Emoticon.

Smiley/Emoticon, jika ada fasilitas seperti ini pada tab tweet da nada pilihan – pilihan emoticon beraneka ragam akan lebih menarik perhatian dan memudahkan pengguna sehingga tidak perlu mencari – cari emoticon dari aplikasi lain.

  • Viewed People.

Agar lebih terdepan dari media social lainnya, fasilitas viewed people ini dapat diperhitungkan karena kita dapat melihat siapa saja yang sudah berkunjung ke akun twitter kita.
Referensi:
http://pakdhegirang.blogspot.com/2012/12/sejarah-twitter.html (diakses pada tanggal 24/04/2013)
http://artaartapratiwi.blogspot.com/2012/03/konsep-twitter.html (diakses pada tanggal 24/04/2013)
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter (diakses pada tanggal 22/04/2013)
http://dianparamita.com/twitradio2-menjaga-keamanan-akun-twitter/ (diakses pada tanggal 24/04/2013)
http://dedewiweka.com/pemanfaatan-twitter-yang-efektif.html# (diakses pada tanggal 24/04/2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s